PEMBINAAN DIREKTUR JENDERAL BADILUM BAGI APARATUR PERADILAN UMUM SE-SULAWESI UTARA

PEMBINAAN DIREKTUR JENDERAL BADILUM BAGI APARATUR PERADILAN UMUM SE-SULAWESI UTARA

Manado - Pada hari Jumat, 2 Desember 2022, untuk pertama kalinya Direktur Jenderal Badan peadilan Umum, H. Bambang Myanto, SH., MH mengunjungi Peradilan Terpadu Manado. Disambut dengan tarian Kabasaran, khas Sulawesi Utara, beliau disambut oleh warga peradilan di Pengadilan Terpadu Manado.

Foto: Penyambutan di Pengadilan Terpadu Manado

Foto: Penyambutan di Pengadilan Terpadu Manado

Foto: Penyambutan di Pengadilan Terpadu Manado (courtesy: PN Manado)

Foto: Penyambutan di Pengadilan Terpadu Manado (courtesy: PN Manado)

elanjutnya, YM Dirjen Badilum memberikan Pembinaan bagi aparatur peradilan umum se-Sulawesi Utara. Acara yang bertempat di Ruang Sidang Utama Pengadilan Tinggi Manado diadakan secara luring oleh para Hakim Tinggi dan Hakim Ad Hoc Tipikor Pengadilan Tinggi Manado, para Ketua pengadilan Negeri se-Sulawesi Utara (dan Wakil ketua Pengadilan Negeri atau Hakim yang menwakili), para Panitera Pengadilan Negeri se-Sulawesi Utara, Sekretaris Pengadilan Tinggi Manado, para Pejabat Kesekretariatan dan Kepaniteraan Pengadilan Tinggi Manado, para ASN Pengadilan Tinggi Manado dan dihadiri pula secara daring oleh warga peradilan umum se-Sulawesi Utara lewat media teleconference.

Foto: Pembinaan Dirjen BADILUM

Acara dibuka dengan sambutan YM Ketua Pengadilan Tinggi Manado, Dr. H. Lexsy Mamonto, SH., MH dan dilanjutkan dengan pembinaan oleh YM Dirjen Badilum.

Dalam pembinaannya, beliau menyampaikan bahwasanya Pengadilan Tinggi Manado adalah voorpost Mahkamah Agung RI di Sulawesi Utara. untuk itu diharapkan Pengadilan Tinggi Manado mampu mendampingi Pengadilan Negeri se-Sulawesi Utara dalam menyelesaikan permasalahan - permasalahan yang ditemuinya baik itu dari Administrasi perkara, Manajemen peradilan dan administrasi umum. Sangat penting bagi Pengadilan Negeri untuk tidak mengabaikan peran Pengadilan Tinggi. Demikian pula sebaliknya, Pengadilan Tinggi harus secara intens melakukan pengawasan, pendampingan dan pembinaan bagi semua pengadilan negeri di wilayahnya. Setiap Hakim Tinggi Pengawas Daerah agar dapat mendampingi pengadilan negeri yang diawasinya agar setiap permasalahan dapat diselesaikan di tingkat daerah terlebih dulu. Permasalahan - permasalah yang tidak dapat diselesaikan dapat dieskalasi ke Mahkamah Agung terlebih apabila permasalahan tersebut bukan kewenangan Pengadilan Tinggi.

Ditambahkannya, setiap satuan kerja agar terus mempertahankan dan meningkatkan kinerja dan etos kerjanya karena walaupun secara keseluruhan seluruh satuan kerja pengadilan di wilayah hukum Pengadilan Tinggi Manado sudah teradkreditasi "Excellence" namun hal itu tidak berhenti di situ saja. Diperlukan langkah - langkah untuk tetap menjamin mutu dan kualitas, terutama terkait layanan kepada masyarakat pencari keadilan.

Selanjutnya beliau menambahkan bahwa saat ini Mahkamah Agung sedang dalam upaya mewujudkan misi menuju peradilan agung yang modern sehingga implementasi teknologi informasi menjadi hal yang diperlukan dalam setiap aspek pekerjaan di pengadilan. Sistem Informasi yang telah dibangun dan dikembangkan oleh internal Mahkamah AGung seyogyanya membawa perubahan dan peningkatan kinerja maupun etos kerja. Sistem Informasi dibangun untuk mempermudah pekerjaan sehiungga setiap aparatur peradilan memandangnya bukan sebagai penghambat namun justru harus dimanfaatkan untuk membawa perubahan dan perbaikan dalam dunia peradilan. Implementasi e-court dan e-berpadu telah membuktikan bahwa dunia peradilan di Indonesia telah perlahan - lahan menuju peradilan modern yang tentunya harus diimbangi dengan peningkatan kinerja seluruh aparatur. Peningkatan kinerja tentunya akan berdampak pula pada peningkatan karir. Bahwa Mahkamah Agung sedang mengembangkan pula sistem informasi terkait kompetensi, sehingga dalam waktu dekat akan segera launching aplikasi yang di dalamnya pimpinan dapat memonitor kinerja seluruh pimpinan pengadilan dan para hakim, di mana pimpinan Mahkamah Agung akan dapat melihat rekam jejak, prestasi dan pengalaman kerja seluruh hakim. Ini adalah langkah awal yang kedepannya akan disusul dengan aplikasi kinerja dimana setiap warga peradilan akan dapat dipantau kinerjanya.

Menutup pembinaan, YM Direktur Jenderal Badan Peradilan Umum mengajak seluruh warga peradilan umum di Sulawesi Utara  untuk terus mempertahankan capaian - capaian yang sudah baik, saling bekerja sama dan berkoordinasi dengan Pengadilan Tinggi Manado agar terwujud sinergi dalam semua tugas pokok dan fungsi masing - masing.

 

Setelah pembinaan, YM Direktur Jenderal Badan Peradilan Umum mengunjungi Pengadilan negeri Manado yang berada di kompleks Pengadilan Berpadu Manado. Beliau meninjau ruang PTSP dan dilanjutkan dengan pertemuan dan pembinaan bersama aparatur Pengadilan Negeri Manado.  

Foto: Kunjungan di Pengadilan Negeri Manado (courtesy: PN Manado)

Foto: Kunjungan di PN Manado (courtesy: PN Manado)

 

 

 

 

(SIHUTIDO - 2022)

 

Share